DISKUSI PENANGANAN SAMPAH

  • Oct 25, 2023
  • Triogo Wiyono

Dalam rangka formulasi bagi solusi masalah sampah di Kota Probolinggo Program Studi Doktor Sosiologi FISIP Universitas Brawijayam Bekerjasama dengan Bank Sampah Kenari Indah mengundang elemen-elemen kemasyarakatan, pendidikan, swasta danp emerintah untuk mendiskusikan pendekatan dan strategi efektif upaya penanganan Sampah.

Acara yang dilaksanakan pada hari ahad, tanggal 22 Oktober 2023 dikemas dalam kegiatan Terms Of Reference (TOR) Diskusi Strategi Penanganan Sampah Secara Terpadu: Konsep “Policy Community pada Komunitas Pemeduli Sampah di Kota Probolinggo

Isu lingkungan hidup, khususnya persampahan merupakan isu penting dan masalah yang memerlukan penanganan secara holistik melibatkan berbagai peran dan fungsi elemen kemasyarakatan, pemerintahan dan swasta. Terlebih, di kota Probolinggo, yang timbulan sampah diperkirakan telah mencapai lebih dari 70 ton per hari.

Dari kegiatan ini diharapkan para peserta dapat :
1. Mengenalkan konsep “Policy Community” (Komunitas Kebijakan) untuk penanganan sampah secara terpadu berbasis peran-fungsi para pelaku (stakeholders).
2. Mengidentifikasi masalah dan potensi pada upaya yang telah dilakukan dalam menangani persoalan sampah.
3. Mengumpulkan bahan untuk perumusan strategi pengelolaan sampah efektif berbasis potensi lokal, untuk rekomendasi kepada pemerintah.hasan